INPUT DEVICE
1.Keyboard
   Crystoper Latham 1868
   104 tuts, 52 tuts
   Funcion key=F1-F12
   Special F.key=Shift,Alt,Ctrl
2.Mouse
   Douglas Engelbart 1963
3.Joystik
4.Barcode
5.Kamera
6.Microphon
7.Scanner
8.Graphic Pads = menggambar pada objek

PROSES DEVICE
1.CPU(Central Proccessing Unit) = Tempat memproses instruksi progam
2.ALU = Melakukan perhitungan proses aritmatika dan operasi logika
3.CU(Central Unit) = a.Mengatur dan mengendalikan alat input dan output. b.mengambil instruksi dari memori utama. c.mengambil data dari memori utama untuk diproses. d.mengirim instruksi ke ALU. e.menyimpan hasil proses ke memori utama.
4.Regrister = Menyimpan data sementara(menunggu giliran)
5.RAM(Random Access Memory) = Input Storge(menampung input), Progam Storge(menyimpan instruksi progam yg akan diproses), Working Storge(menyimpan data yg akan diolah dan hasil yg telah diproses ), Output Storge(menyimpan hasil akhir)
6.ROM(Read Only Memory) = Memori yg hanya dapat di baca/membaca

-Booting =Proses menghidupkan Kom sblm masuk ke windows
  Cold = Menghidupkan komputer yang benar-benar mati
  Warm = Restart

Storage Device
1.Floppy Disk(Disket)
2.Flashdisk
3.Compact Disk(CD)
4.Hard Disk
    1 Byte = 8 bit
    1 KB= 1024 B
    1 MB= 1024 KB
    1 GB= 1024 MB
    1 TB= 1024 GB

OUTPUT DEVICE
1.Monitor
   a.CGA (Color Graphic Adapter) = 4 warna
   b.EGA (Enhanced G.A.) = 16 warna
   c.EPGA (E.Professional G. A.) = 256 warna
   d.VGA (Visual G. A.) = jutaan warna
   e.LCD(Liquid Cristal Display) = jutaan warna
2.Printer
   a.Dot matrix - Pita
   b.Ink jet - Tinta
   c.laser jet - Serbuk/toner
3.Speaker
4.Plotter(mencetak spanduk)
5.LCD